29/08/2009

Apa Yang Dibutuhkan Printer Anda

. 29/08/2009

Printer adalah perangkat elektronik yang boleh dikatakan keberadaannya seolah menjadi satu paket dengan komputer, namun ibarat kata habis manis sepah dibuang seringkali dalam perawatannya, printer tidak sebagus yang kita lakukan terhadap komputer kita, padahal kalau sampai kinerjanya tidak maksimal, baru kita sadari betapa pentingnya merawat printer ini. Mang ejen lewat tulisan ini ingin berbagi cerita bagaimana merawat printer yang baik.


Gunakan printer secara periodic.
Bila kita menggunakan printer ini tidak secara kontinyu, dan printer anda lama menganggur maka sangat disarankan untuk tetap melakukan printing ( mencetak ) secara periodic minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Ini berguna agar aliran tinta tetap bisa lancar.

Matikan printer saat tidak digunakan
Jangan lupa untuk selalu mematikan printer jika tidak digunakan. Hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.

Bersihkan kotoran yang ada dalam printer
Setiap satu atau dua minggu, bersihkan bagian dalam printer. Hal ini perlu untuk menjaga kemampuan printer dalam mencetak. Jangan simpan printer di tempat yang berdebu atau penuh serangga. Bila perlu, bungkus printer dengan plastik agar terhindar dari kotoran.

Matikan printer jika gagal mencetak
Kadang – kadang terjadi kegagalan dalam mencetak dan ini bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya. Setelah sepuluh menit, masukkan lagi kabel daya tersebut pada colokannya, nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali.

Jagalah cartridge
Karena cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus dan akan berpengaruh pada hasil cetakan, perlakukanlah selalu cartridge dengan hati-hati. Termasuk saat mengganti tinta.

Diagnostic Tools
Umumnya seluruh printer memiliki perangkat lunak mengenai bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tersebut. Pelajari sofware tersebut karena mungkin saja informasi yang disediakan bisa menolong Anda mengatasi permasalahan dalam printer.


1 komentar:

Kang Dedy said...

Saya punya printer merk Cannon sering masalah sama catridge dah saya isi penuh tetep ga mau jalan... indikatornya kosong terus...

Ada yang bisa bantu!!!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

{Mang-Ejen} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com