21/08/2009

Asal – usul Celana Jean's

. 21/08/2009

Pada jaman sekarang yang namanya celana jeans berkembang sangat pesat, pengelolaan bahan pun bervariasi dan hal ini memicu adanya perbedaan harga diantara produsen celana jeans. Banyak produsen celana jeans yang memiliki peminat yang loyal dengan ukuran mereka tidak mempermasalahkan soal harga yang penting koleksi baru atau pun limited edition yang dibuat secara terbatas.

Pada kesempatan ini mang ejen mencoba menelusuri jejak asal – usul celana jeans, dan dari sekian banyak sumber, mang ejen mencoba membuat tulisan asal – usul celana jeans, berikut petikannya :



Kisah ini bermula dari seorang pemuda dengan status sebagai imigran Jerman asal New York, pemuda ini bernama Levi Strauss yang kemudian dia pindah ke San fransisco. Tujuannya adalah untuk membuka cabang usaha milik dari kakaknya, saat itu kira – kira Tahun 1853 San Fransisco dilanda ‘Gold Rush.' Dan Strauss pun pergi dengan membawa beberapa dagangannya diantaranya celana dan kanvas ( bahan pembuat tenda ) pada saat itu.

Ketika dagangan celananya habis terjual dia pun kebingungan karena banyaknya permintaan celana, sementara yang tersisa hanya bahan kanvas untuk tenda. Kemudian dia pun mencoba membuat celana dari bahan kanvas tersebut, dan ternyata hasil karyanya mendapat sambutan yang luar biasa dari warga pekerja tambang yang ada di San Fransisco, mereka mengatakan celana itu sangat kuat dan tidak mudah robek.

Strauss pun terus berimprovisasi lagi, dia kemudian memesan bahan khusus dari Genoa, Italia. Di Italia bahan tersebut dikenal dengan sebutan ‘genes’, kemudian oleh Strauss dicelupkan dengan pewarna indigo yang kemudian terkenal disebut ‘Blue jeans’ Saat itu diantara mereka mulai muncul istilah, "those pants of Levi's", yang kemudian mencetuskan merk dagang produk ini dengan sebuah nama yaitu Levi's. Inilah merk dagang celana jeans pertama di dunia.


1 komentar:

Kang Dedy said...

Kalo asal usul jean's baghdad gimana mang he...! info yang menarik mang! tapi sayang sekarang jeans dengan merk terkenal banyak yang dipalsukan...

KEEP BLOGGING....

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

{Mang-Ejen} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com