19/10/2009

Onno Pertanyakan Aspek Monopoli Microsoft Atas Netbook

. 19/10/2009

Apa yang menarik dari trend penjualan komputer netbook berprosesor Atom yang sedang marak saat ini? Jika hal ini ditanyakan kepada Onno W. Purbo selaku salah satu pakar Teknologi Informasi sekaligus penggiat OpenSource tanah air, maka beliau akan langsung membidik aspek bisnis perdagangan yang menyertainya. ( ikuti petikannya )

Lebih lanjut beliau menceritakan, "Saya bersama istri saya berkunjung ke Megabazar di JHCC pada tanggal 1 Maret 2009. Kami dengan terpaksa membatalkan niat kami untuk membeli netbook / laptop dengan prosesor Atom. Praktis semua netbook / laptop dengan prosesor Atom yang kami temui telah di bundel / pre-install dengan Microsoft & harga yang harus di bayar sudah termasuk Microsoft di dalam-nya."

Menurutnya hal tersebut berarti pembeli dipaksa untuk membayar Microsoft bersama netbook tersebut, tidak peduli walaupun tidak dipergunakan. Paling tidak untuk Netbook, tidak ada toleransi bagi mereka yang ingin menggunakan open source di laptop-nya, kita semua harus membayar sistem operasi Microsoft yang sudah terbundel. Bayangkan jika terjual ribuan laptop / bulan, artinya bangsa Indonesia harus membayar beberapa milyard rupiah per bulannya ke Microsoft padahal belum tentu digunakan oleh pemiliknya.

Lebih lanjut Onno W. Purbo juga mengkaitkan hal tersebut dengan gerakan “Indonesia, Go Open Source!” yang telah dicanangkan pemerintah. Onno sangat berharap terkait dengan hal ini, pemerintah dapat bertindak dengan lebih bijak dalam praktek bisnis perdagangan ini, terutama kaitannya dengan UU 5/1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.






0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

{Mang-Ejen} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com