10/08/2009

Mengenal Kucing lebih Dekat ( 1 )

. 10/08/2009

Siapa yang tak kenal hewan bernama kucing…yah kucing adalah sejenis hewan peliharaan dan tergolong jenis hewan carnivora ( pemakan daging ). Jenis kucing sangat beragam contohnya angora.

Namun pemeliharaan kucing ternyata gampang – gampang susah ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kucing menjadi peliharaan anda yang terbaik


Kepribadian kucing

Ternyata sang kucing juga punya kepribadian lho…hal ini terlihat dari tingkah lakunya, misalnya ada kucing yang tidak suka keramaian dia cenderung menyendiri, apabila ada kucing lain datang dia akan segera beraksi dengan mengusirnya, juga kucing ini tidak suka digendong oleh sembarangan orang,jenis ini kurang cocok bila anda menginginkan hewan peliharaan yang agresif. Ada juga kucing yang suka bersosialisasi, jenis ini suka mencari teman jadi anda harus siap – siap rajin mencarinya “ puus…puuus dimana kau?”. Menurut dokter hewan kucing dapat berumur sampai dengan 15 tahunan lho!.....

Jaga Nutrisi makanan pilih yang sesuai

Sebagai hewan pemakan daging tentulah kucing sangat membutuhkan nutrisi dari daging tersebut, namun jangan asal daging. Bila memberikan makanan kaleng tolong selalu periksa tanggal kadaluarsanya, jangan sampai kucing kita sakit gara – gara sang empunya kurang teliti memberikan makanan. Disamping itu juga perhatikan umur kucing kita, sesuaikan dengan makanannya, jangan sampai kucing menderita obesitas.

Hati-hati kutu

Mereka juga harus diperiksa untuk parasit yang sering menyerang kucing. Yang paling jelas ke pemilik adalah kutu telinga(earmites) atau kutu(flea). Meskipun ada yang tidak terlihat seperti beberapa jenis cacing usus yang bersarang di dalam perut kucing dan mengambil nutrisi yang berharga. Masalah ini harus dirawat dan banyak obat yang efektif yang tersedia di pasaran. Kucing yang diperbolehkan ke luar rumah akan jelas lebih cenderung kena oleh parasit ini, atau mungkin parasit ini telah berkembang di dalam rumah.

Sex kucing.

Ini bukan gaya hubungan suami istri namun masa dewasanya kucing. Kucing betina juga dipanggil ratu (queen), mereka umumnya mulai dewasa secara seksual antara 4 sampai 12 bulan. Betina yang tidak disterilkan/spayed dapat menghasilkan anak sampai delapan tahun atau lebih. Kucing jantan dipanggil tom, umum menjadi subur mulai dari 6 dan delapan bulan dan terus sampai 14 tahun atau lebih. Kebanyak dokter hewan menyarankan kucing untuk diseterilasi pada atau setelah enam bulan meskipun ada pertentangan dari beberapa individu tentang isu ini. Pemilik kucing yang tertarik akan hal iniharus konsultasi ke dokter hewan pada saat pertama kali pemerikasaan dan vaksinasi.

Bersambung.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

{Mang-Ejen} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com