28/08/2009

Jajaran Browser Yang Jadi Sasaran Hacker

. 28/08/2009

Banyak ragam browser yang kita kenal, diantaranya Internet Explorer, Firefox, Opera dan lain sebagainya. Pada masing – masing browser memiliki keunggulan sebagai cirri khas nya sendiri, dan mungkin yang paling banyak digunakan adalah Firefox. Sebagai browser yang bisa didapatkan secara gratis, Firefox menawarkan suatu keluwesan dalam menambah fitur dari pihak ketiga.

Tiada gading yang tak retak mungkin kalimat itulah yang tepat untuk menggambarkan bahwa ternyata ada browser yang menjadi sasaran hacker, diantaranya Firefox dan Opera…perlu dipelajari nih…


Firefox dan Opera ternyata dapat tampil menjadi pilihan utama untuk para hacker yang akan menjalankan website-nya yang mengandung malware. Hal tersebut disampaikan provider keamanan web, Purewire. Menurut Paul Royal, peneliti dari Purewire melaporkan bahwa pihaknya telah memiliki data setelah melakukan infiltrasi toolkit yang digunakan hacker untuk melakukan serangan, seperti LuckySploit dan UniquePack.

Hal yang mengejutkan, penelitian tersebut juga menemukan bahwa 46 persen hacker telah menggunakan browser Firefox. Sedangkan untuk Opera menduduki posisi kedua dengan angka 26 persen, dengan 2 persen market share. Ironisnya, menurut advisor keamanan senior di Trend Micro, Rik Ferguson, hacker menggunakan kedua browser yang memiliki market share kecil untuk mencegah dirinya terkena hack.

“Mereka tidak ingin diganggu balik. Mereka sudah kehilangan profit dari operasi kriminal mereka, control botnet, dan sebagainya. Untuk itu, mereka mencoba mencari perlindungan dirinya.“ ungkap Ferguson. Namun, Ferguson telah memperingatkan Firefox dan Opera yang ternyata tidak secara intrinsic lebih aman dibandingkan Internet Explorer dari Microsoft atau browser lainnya, hanya saja Firefox dan Opera dinilai kurang banyak menarik perhatian penulis malware.

Sebagai contoh, menurut laporan scanning dari perusahaan inteligen Secunia, Opera versi 9.x memiliki 22 advisor keamanan dan 50 kelemahan, sebanyak 68 persen diantaranya bersifat kritis.

Dan semua itu kembali lagi kepada pribadi masing – masing pengguna, kalau menurut mang ejen masih ada cara yang lain yang lebih terhormat daripada menjadi seorang hacker.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

{Mang-Ejen} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com