10/08/2009

Mengenal Kucing lebih Dekat ( 2 )

. 10/08/2009

Tulisan ini adalah bagian kedua ( mengenal kucing lebih dekat )

Apalagi yang harus kita perhatikan dalam merawat hewan kesayangan kita itu :

Sterilisasi
Pertama yang harus mendapat perhatian khusus adalah kandang, usahakan selalu dalam keadaan bersih dan bila diperlukan lakukan penyemprotan desinfectan khusus untuk sterilisasi kandang.



Ada juga sterilisasi kucing itu sendiri, umumnya disarankan untuk kucing disterilkan dan juga disebut spay / steril untuk betina dan castrated / kebiri untuk jantan. Sterilisasi tidak hanya menolong dalam mengontrol anak kucing terbengkalai, tetapi juga mengurangi resiko masalah yang berhubungan dengan sistem peranakan dan masalah prilaku yang berhubungan dengan lawan jenis.

Kenali penyakit kucing


Ada beberapa penyakit kucing untuk mendapat divaksinasi oleh dokter hewan. Feline rhinotracheitis, calici virus and panleukopenia (distemper) benar benar penyakit yang mematikan bagi kucing yang kena. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang mudah ditular dari kucing ke kucing. Berapa virus dapat terbawa oleh pakaian pemilik kucing pada saat merawat kucing sakit. Vaksin ini tersedia juga buat penyakit lainnya seperti rabies yang telah menjadi endemik di daerah tertentu. Maka dari itu sangat penting biarpun kucing dalam rumah untuk divaksinasi untuk penyakit ini. Ada beberapa vaksin tersedia untuk penyakit virus lainnya, feline leukemia dan feline infectious peritonitis yang sering diketemukan pada outdoor, kucing liar atau multi-cat household. Tetapi ini bukan berarti kucing indoor tidak akan mengidap penyakit ini. Tidak ada perawatan efektif untuk penyakit ini dan harus dicegah. Sangat penting untuk pemilik kucing menyadari ada banyak penyakit seperti feline immuno-deficiency virus infection dan pada saat kucing terkena penyakit ini.

Kucing sangat sensitif

Sangat penting bagi pemilik kucing untuk mengerti bahwa kucing sangat sensitif terhadap beberapa obat dan produk dalam rumah. Hati – hati dalam menggunakan jenis obat – obat untuk yang mengandung pestisida aktif atau pasif dekat dengan kucing. Contoh kecil penggunaan pembersih lantai yang berlebihan, perlu juga diperhatikan bahwa kucing ternyata suka memakan tumbuh – tumbuhan disekitar kita, misalnya rumput, bunga dll. Ada situasi dimana sebagian tumbuhan disekitar kita mengandung racun dan dapat menyerang sistem pencernaan kucing. Sedapat mungkin untuk dihindarkan.

Kucing suka yang mirip tali

Kucing sering tertarik kepada barang-barang yang menyerupai tali, mereka akan memakan jarum dan benang, karet gelang dan material serupa. Beberapa kucing juga tertarik pada kabel-kabel listrik. Maka dari itu, sangat penting untuk menjauhkan ini dari lingkungan kucing, atau usahakan untuk mengurangi kedayatarikan mereka terhadap kabel-kabel itu. Pembersihan rutin mempromosikan prilaku sanitasi yang baik. Pemilik kucing juga harus memberi batas-batas untuk kucing mereka. Jika mereka tidak diperbolehkan di ruangan tertentu atau menajamkan kuku mereka di mebel atau kursi, ini harus dipupuk dilatih sejak pertama kali kucing itu dipelihara. Lebih mudah untuk mencegah masalah daripada merubah perilaku yang sudah menjadi kebiasaan.
semoga bermanfaat.


Sumber inspirasi : http://www.hewanpeliharaan.com/


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

{Mang-Ejen} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com