28/08/2009

Asal – Usul Sikat Gigi

. 28/08/2009

Gosok gigi minimal 2x sehari akan menjadikan gigi anda kuat, sehat dan memiliki senyum cemerlang….Itulah sekelumit iklan layanan, yang didukung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia ( PDGI ).

Memang benar adanya….dan artikel ini juga diterbitkan waktu mang ejen sakit gigi…weleh – weleh bukan main dah sakitnya! Namun mang ejen bukan mau curhat, disini mang ejen ingin memberitahukan asal – usul sikat gigi, berikut tulisan pendek yang dapat mang ejen rangkum yang berasal dari berbagai sumber.


Cikal bakal sikat gigi ternyata sudah dimulai ribuan tahun yang silam, namun pada saat itu hanya tertuju pada metode atau kebiasaan membersihkan gigi saja, Bangsa Babilonia lah pertama memperkenalkan kebiasaan tersebut, pada zaman itu mereka menggunakan sejenis rempah yang dikunyah seperti makan permen karet. Untuk asal – usul permen karet silahkan klik disini

Nah kebiasaan membersihkan gigi tersebut kemudian menyebar ke Asia dan Afrika, ingat pada nenek kita zaman dulu suka sekali makan sirih dan pinang, ada juga yang menggunakan serbuk bata merah yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.

Kemudian sejarah sikat gigi pun dimulai, pada sekitar tahun 1400 – an orang dari negeri Cina ( sebutan sekarang ), mulai menggunakan sebuah alat tetapi anda jangan membayangkan seperti sikat gigi yang sekarang, karena pada saat itu mereka membuat prototype sikat gigi dengan menggunakan sebuah tulang hewan sebesar pensil yang ujungnya dipasangkan bulu – bulu…..dan tak tanggung – tanggung bulu tersebut adalah bulu landak! ( tidak disebutkan apakah landak dewasa atau yang masih kecil ) tetapi bagaimana pun yang namanya bulu landak tetep sereeem…..bisa dibayangkan…..

Kemudian ada perkembangan lagi yaitu sekitar tahun 1930 – an. Konsep pertama sikat gigi yang rada bagus ketimbang bulu landak, adalah diperkenalkan oleh seorang napi dipenjara Inggris yang bernama William Addis. Dia menggunakan tulang hewan untuk gagangnya kemudian pada ujung nya dilubangi dan diisi oleh bulu binatang yang agak lunak dari hewan ternak.

Namun karena bayak nya keluhan yaitu tidak higienis dan mudah rontok bulu – bulu nya ketika menggosok gigi, kemudian cara tersebut di kembangkan lagi yang pada akhirnya sekitar tahun 1938 sebuah perusahaan Amerika yang bernama Du Pont berhasil menyempurnakan sikat gigi dengan menggunakan bulu yang terbuat dari bahan sintetis.

Kemudian sikat gigi pun berkembang sampai sekarang, kita bisa menemukan yang ber bulu zig – zag atau sikat gigi elektronik yang memanfaatkan tenaga batere.

Itulah sedikit tulisan asal – usul sikat gigi yang mang ejen dapat tuliskan, mohon maaf bila ada kesalahan.


1 komentar:

Kang Dedy said...

Andai orang tidak pernah menciptakan or menemukan sikat gigi... gimana jadinya ya! harus banyak-banayk tutup mulut kali....!

posting yang menarik sobat... ditunggu postingan selanjutnya...!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

{Mang-Ejen} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com