17/08/2009

Kendaraan bermotor = blog

. 17/08/2009

Kali ini mang ejen menuliskan postingan dengan judul rada aneh dan nyeleneh, tulisan ini bukan asal jadi dan bukan tanpa sebab mang ejen mengambil judul yang rada aneh ini.

Seorang dalam memandang sesuatu pasti berbeda, bahkan dua orang kembar pun tidak dapat dipastikan pola pandangannya sama, begitu pun mang ejen……

Dalam sebuah kendaraan bermotor ada dua komponen terbesar sehingga dia bisa berjalan dan mengantarkan kita ke tempat yang dituju. Begitupun dalam sebuah blog ada dua komponen yang menjadikannya dapat berjalan sebagaimana mestinya.



Lalu apa dua komponen tersebut ? dalam kendaraan bermotor dua komponen tersebut adalah mesin dengan segala aksesorissnya dan setir / kemudi. Dapat dibayangkan apa jadinya jika kendaraan tanpa kemudi ( kira – kira laku nggak yah, kalau dijual ? ), begitupun sebaliknya kendaraan tanpa mesin.

Nah dalam blog, menurut mang ejen mesinnya ada pada template blog. Template inilah yang menjadi faktor yang sangat penting, ingat waktu dulu sampai mang ejen merasa capek bikin blog karena semuanya manual, mungkin kalau dalam kendaraan tempo dulu masih bermesin engkol, namun kini membuat blog terasa sangat mudah, asal jeli dan teliti saja, kita sudah seperti seorang professional kalangan nomor satu.

Template blog dibentuk oleh kumpulan kode – kode html atau sejenisnya yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat dijalankan sebagai tempat utama untuk memasangkan postingan kita. Sebagaimana kendaraan, sebuah blog juga perlu dihias ( di modifikasi ) dengan baik supaya tongkrongannya enak untuk dilihat, modifikasi blog dapat dilakukan dengan dua cara yakni modifikasi kode html pada tubuh template atau sama dengan men tune-up pada kendaraan bermotor, dan yang kedua dengan cara memasang aksesoris blog ( gadget / widget ), kalau dalam kendaraan dikenal istilah memodifikasi body ( pairing body ).

Selanjutnya adalah kemudi, dalam blog yang dimaksudkan dengan kemudi adalah meta tag yang ditanamkan pada tubuh template blog anda. Meta tag ini yang akan mengarahkan kemana arah yang dituju pemilik blog, dalam meta tag ada keyword atau kata kunci untuk mengarahkan sebuah engine search mendeteksinya. Apabila keyword yang anda pasangkan tidak relevan dengan isi atau content blog anda maka sama saja anda memasang stang motor untuk kemudi pada sebuah mobil.

Untuk itu sama seperti mengurus kendaraan, sebuah blog juga memerlukan perawatan bila ingin hasil yang maksimal dan memuaskan.

Salam, Mang Ejen

2 komentar:

Indra Mahardika said...

Kalau blog saya tidak saya pasang meta tag, karena niat saya nge-blog adalah berbagi ilmu. Cukup dengan keyword, blog saya sudah sering mendapatkan pengunjung dari google, meskipun butuh waktu lama

fika blogger said...

waaaaw..mang ejen hebat euy..
saya newbie niy mang..
mohon bantuan nya yaa...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

{Mang-Ejen} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com